Doa Minum Obat dan Mohon Kesembuhan Ketika Sakit - Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Doa Minum Obat dan Mohon Kesembuhan Ketika Sakit

Published

on



loading…

Doa minum obat merupakan salah satu ikhtiar ketika akan minum obat untuk memohon kesembuhan dari sakit yang sedang kita alami. Dengan berdoa pada saat minum obat tersebut, kita berharap Allah Subhanahu wa ta’ala mengangkat penyakit yang kita derita agar lekas sembuh.

Hampir semua dari kita, pasti pasti pernah diuji rasa sakit dalam tubuh. Meskipun penyakit telah membuat kita lemah tak berdaya, kita harus senantiasa berprasangka baik terhadap Allah Ta’ala. Masa-masa sulit diuji dengan penyakit itu tidak boleh membuat kita kehilangan iman kepada Allah. Dalam melewati ujian sakit, kita dianjurkan berikhtiar periksa ke dokter untuk mendapatkan obat dan beristirahat.

Baca juga: Banyak Musibah dan Wabah, Ini 5 Doa Terhindar dari Penyakit

Agar ikhtiar ini berhasil, maka kita pun dianjurkan untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Salah satunya berdoa ketika hendak meminum obat tersebut. Nah, berikut adalah bacaan doa minum obat, lafadz Arab, latin dan artinya:

بِسْمِ اللهِ الشَّافِىْ بِسْمِ اللهِ الْكَافِىْ بِسْمِ اللهِ الْمُعَافِىْ بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّمَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِى اْلاَرْضِ وَلاَفِى السَّمَآءِ وَهُوَالسَّمِيْعُ الْعَلِيْم

Bismillaahisy syafii bismillahil kaafii bismillaahil mu’aafii bismillaahil ladzii laa yadlurru ma’asmihi syai-un fil ardli walaa fis samaa-i huwas samii’ul ‘alimu

Artinya : “Dengan nama Allah Tuhan yang menyembuhkan, dengan nama Allah tuhan yang menurunkan kesehatan, Dengan nama Allah yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang berbahaya, baik di bumi maupun di langit dan Dia adalah Tuhan Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Bacalah doa minum obat ini dilakukan ketika akan minum obat, dan dalam hati tanamkan tujuan kita saat meminum obat. Tujuan kita minum obat sendiri antara lain, agar cepat sembuh dan kembali produktif dan beraktivitas seperti biasa, cepat sembuh dan akan menjaga kesehatan dengan lebih intensif dan ketika sudah sembuh, tidak akan mengulangi kesalahan yang sama hingga membuat jatuh sakit lagi.

Baca juga: Ancaman Mengerikan dari Perbuatan Naminah

Doa Memohon Kesembuhan

Dengan segala ikhtiar yang dilakukan ini, tentu saja kurang cukup, sebab semua kesembuhan datangnya hanya dari Allah Ta’ala. Oleh karenanya sebagai hamba, kita juga harus berdoa kepada Allah untuk memohonkan kesembuhan dan kesehatan.

Seperti dikutip dari laman kemenag.go.id, pada zaman Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, beliau sendiri memiliki amalan atau doa yang rutin dibaca untuk meminta perlindungan kepada Allah agar keluarganya senantiasa diberi kesehatan.

Doa ini juga dibacakan Rasulullah saat menjenguk orang yang sakit supaya lekas sembuh. Berikut bacaan doa yang sering dibaca oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam :

“Allahumma rabbanasi adzhibil ba’sa wasy fihu. Wa antas Syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaa-an laa yughadiru saqomaa”

Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).

Doa di atas dapat kita amalkan saat kita sendiri yang sakit. Adapun pada alternatif doa lainnya untuk memohon kesembuhan dikisahkan Abu ‘Abdillah ‘Utsman bin Abil ‘Ashradhiyallahu ‘anhu, dia pernah mengadukan kepada Rasulullah SAW tentang rasa sakit yang ada pada dirinya.

Rasulullah pun menjawab kepadanya “Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu, lalu bacalah “Bismillah” sebanyak tiga kali. Dilanjutkan membaca sebanyak tujuh kali: A’uudzu bi ‘izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru, Artinya : “Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan” (HR. Muslim).

Baca juga: Shalat Tepat Waktu sebagai Amalan Terbaik

Wallahu A’lam

(wid)



Berita Selengkapnya

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved