Dialog Nabi Musa dan Firaun Tentang Tuhan dalam Al-Qur’an – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Dialog Nabi Musa dan Firaun Tentang Tuhan dalam Al-Qur’an

Published

on

[ad_1]


loading…

Dialog Nabi Musa dengan Firaun tentang Allah Taala terekam dalam surat asy-Syu’araa’ ayat 23 sampai 29 dan surat Taha ayat 49-54. Dari ayat-ayat tersebut tergambar bahwa Firaun mengingkari adanya yang Maha Pencipta, selain Firaun. Syaikh Abu Bakar Muhammad Zakaria dalam buku yang diterjemahkan Abu Umamah Arif Hidayatullah berjudul “Syirik pada Zaman Dahulu dan Sekarang” menuturkan bahwa yang bisa menjadi bukti jika ide (pendapat) adanya tuhan esa sebagai penguasa tunggal atas segala sesuatu, yang dijadikan sebagai tempat kembali segala makhluk pada masa Mesir kuno, sangatlah jauh sekali untuk bisa diterima oleh akal. Apalagi kalau dalam bingkai agama.

Baca juga: Kembalinya Nabi Musa dan Prediksi Fir’aun

Itulah kenapa muncul pertanyaan Fir’aun kepada Nabi Musa ‘alaihi sallam, sebagaimana direkam oleh Allah di Al-Qur’an Surat asy-Syu’araa’ ayat 23 sampai 29:

قَالَ فِرۡعَوۡنُ وَمَا رَبُّ ٱلۡعَٰلَمِينَ ٢٣ قَالَ رَبُّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِ وَمَا بَيۡنَهُمَآۖ إِن كُنتُم مُّوقِنِينَ ٢٤ قَالَ لِمَنۡ حَوۡلَهُۥٓ أَلَا تَسۡتَمِعُونَ ٢٥ قَالَ رَبُّكُمۡ وَرَبُّ ءَابَآئِكُمُ ٱلۡأَوَّلِينَ ٢٦ قَالَ إِنَّ رَسُولَكُمُ ٱلَّذِيٓ أُرۡسِلَ إِلَيۡكُمۡ لَمَجۡنُونٞ ٢٧ قَالَ رَبُّ ٱلۡمَشۡرِقِ وَٱلۡمَغۡرِبِ وَمَا بَيۡنَهُمَآۖ إِن كُنتُمۡ تَعۡقِلُونَ ٢٨ قَالَ لَئِنِ ٱتَّخَذۡتَ إِلَٰهًا غَيۡرِي لَأَجۡعَلَنَّكَ مِنَ ٱلۡمَسۡجُونِينَ ٢٩ ﴾ [ الشعراء: 23-29 ]

“Fir’aun bertanya: “Siapa Tuhan semesta alam itu?”

Musa menjawab: “Tuhan Pencipta langit dan bumi dan apa-apa yang di antara keduanya (Itulah Tuhanmu), jika kamu sekalian (orang-orang) mempercayai-Nya”.

Berkata Fir’aun kepada orang-orang sekelilingnya: “Apakah kamu tidak mendengarkan?”

Musa berkata (pula): “Tuhan kamu dan Tuhan nenek-nenek moyang kamu yang dahulu”.

Fir’aun berkata: “Sesungguhnya Rasulmu yang diutus kepada kamu sekalian benar-benar orang gila”. Musa berkata: “Tuhan yang menguasai timur dan barat dan apa yang ada di antara keduanya: (Itulah Tuhanmu) jika kamu mempergunakan akal”.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Dialog #Nabi #Musa #dan #Firaun #Tentang #Tuhan #dalam #AlQuran

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved