Cara Mengganti Puasa Orang Tua yang Meninggal Dunia – Bagyanews.com
Connect with us

Ibadah

Cara Mengganti Puasa Orang Tua yang Meninggal Dunia

Published

on


Bagaimana cara mengganti puasa orang tua yang sudah meninggal dunia?

Suatu hari ada seorang laki-laki datang ke majelis Syekh Ali Jumโ€™ah, salah satu ulama Mesir. Ia bertanya terkait orang tuanya yang meninggal dunia namun masih memiliki hutang puasa Ramadhan. Ia bercerita bahwa ayahnya menikah pada bulan puasa. Ternyata, hutang puasa tersebut karena sayang Ayah mengira bahwa ia tidak wajib menjalankan puasa karena menikah.

Pertanyaannya yang menarik adalah apakah anaknya bisa menggantikan puasa sang ayah yang telah meninggal tersebut?

Syekh Ali Jumah kemudian menjawab bahwa yang musti dilakukan oleh sang anak adalah membayar puasa Ramadhan yang telah ditinggalkan ayahnya. Namun bukan dengan cara berpuasa lagi untuk sang ayah, melainkan cukup dengan membayar fidyah, yaitu memberi makan orang miskin setiap hari, sebanyak jumlah hari yang ditinggalkan ayahnya.

Baca juga: Bolehkah Mengqadha Puasa di Menit Akhir Menjelang Ramadhan Berikutnya?

Syekh Syauqi Ibrahim Abdul Karim Allam, seorang mufti Mesir menjelaskan, mengganti puasa bagi orang yang meninggal dunia itu ada dua pendapat. Pertama, pendapat yang menyebut bahwa ahli warisnya mengganti dengan fidyah, bukan dengan puasa qadha. Karena puasa tidak bisa digantikan oleh orang lain, baik saat masih hidup ataupun sudah meninggal. Pendapat ini dipegang oleh para jumhur Hanafiyah, Malikiyah, serta ulama Syafiiyah kontemporer.

Sedangkan kedua, yaitu digantikan puasa oleh ahli warisnya. Pendapat ini dianut oleh para jumhur ahli hadis, seperti Thuwais, Hasan al-Bashri, az-Zuhri, Qatadah, dan para ulama Syafiโ€™yah lama. Namun para ulama Syafiโ€™iyah menambahkan bahwa mengganti dengan puasa qadha sifatnya dianjurkan saja. Ini lebih baik dari pada sekedar mengganti fidyah.

Baca juga: One Day One Hadis: Bila Sudah Jatuh Tempo, Segera Bayar Hutang

Pendapat ini didasarkan pada sebuah hadis dari Ummul Mukminin Aisyah RA yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

ุนู† ุนุงุฆุดุฉ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ุง ุนู† ุงู„ู†ู‘ุจูŠู‘ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุขู„ู‡ ูˆุณู„ู…: ยซู…ูŽู†ู’ ู…ูŽุงุชูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุตููŠูŽุงู…ูŒ ุตูŽุงู…ูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ู ูˆูŽู„ููŠู‘ูู‡ูยปุŒ

Dari Aisyah RA. Ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, โ€œOrang yang meninggal dunia, namun masih memiliki tanggungan hutang. Maka ahli warisnya harus berpuasa untuk (mengganti puasa yang ditinggalkan)nya.

Dalam riwayat Ibn Abbas juga dijelaskan,

ุนู† ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฌูŽุงุกูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุขู„ู‡ ูˆุณู„ู… ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ูุŒ ุฅูู†ู‘ูŽ ุฃูู…ู‘ููŠ ู…ูŽุงุชูŽุชู’ ูˆูŽุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ุตูŽูˆู’ู…ู ุดูŽู‡ู’ุฑูุŒ ุฃูŽููŽุฃูŽู‚ู’ุถููŠู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุงุŸ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ยซู„ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูู…ู‘ููƒูŽ ุฏูŽูŠู’ู†ูŒ ุฃูŽูƒูู†ู’ุชูŽ ู‚ูŽุงุถููŠูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุงุŸยปุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู†ูŽุนูŽู…ู’ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ยซููŽุฏูŽูŠู’ู†ู ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽุญูŽู‚ู‘ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูู‚ู’ุถูŽู‰ยป.

Dari Ibn Abbas RA, ia berkata: Seorang laki-laki datang kepada Nabi SAW. Ia berkata, โ€œSesungguhnya ibuku meninggal dan masih memiliki hutang puasa satu bulan. Apakah saya harus mengqadha puasa untuknya?โ€ Rasul pun menjawab, โ€œJika ibumu punya hutang, apakah engkau akan melunasi hutangnya?โ€ Laki-laki itu berkata, โ€œPasti, wahai Nabi.โ€ Rasul pun bersabda, โ€œHutang kepada Allah lebih berhak untuk dilunasi.โ€

Nah, buat kamu yang memiliki orang tua yang sudah meninggal dan masih memiliki hutang puasa. Kamu bisa melakukan dua hal ini, antara berpuasa sebanyak hari yang ditinggalkan, atau membayar fidyah. (AN)

Wallahu aโ€™lam.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright ยฉ 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved