Capai Target 10 Juta, Kemenag Revitalisasi Unit Percetakan Al-Qur’an – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Capai Target 10 Juta, Kemenag Revitalisasi Unit Percetakan Al-Qur’an

Published

on

Capai Target 10 Juta, Kemenag Revitalisasi Unit Percetakan Al-Qur’an



loading…

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) RI telah melakukan revitalisasi Unit Percetakan Al-Qur’an (UPQ) yang mana percetakannya bertaraf dunia. Langkah tersebut untuk mencapai oplah cetak sebanyak 10.000.000 eksemplar per tahun dalam rangka pemenuhan kebutuhan Al-Qur’an bagi umat Muslim Indonesia.

Baca juga: Marten Taha Mengapresiasi Pelaksanaan Lomba Seni Kaligrafi Al-Qur’an

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi saat menghadiri puncak acara UPQ Fest 2021 di Bogor, Kamis (11/11/2021).

Baca juga: Sebelum Jadi Penghafal Al-Qur’an, Mualaf Cantik Ini Dulunya Benci Suara Adzan

“Dengan dukungan dari berbagai pihak, tujuan mulia pemerintah melalui UPQ Insya Allah segera terwujud. Mengingat, revitalisasi ini bukan sekadar untuk membangun Unit Percetakan Al-Qur’an berkelas dunia, akan tetapi sebuah prioritas demi memenuhi kebutuhan dasar umat Islam yang harus segera direalisasikan,” kata Zainut dikutip pada laman resmi Kemenag, Jumat (12/11/2021).

Zainut menyampaikan, sejak tahun 2016 hingga 2020, UPQ baru mencetak sekitar 1.705.000 Mushaf. Sedangkan berdasarkan penelitian internal, setiap tahunnya Indonesia membutuhkan sekitar 6.164.375 mushaf Al-Qur’an.

“Jadi, disparitas jumlah antara kebutuhan dan ketersediaan masih cukup jauh. Tantangan UPQ ke depan yakni memenuhi kebutuhan mushaf Al-Qur’an umat Islam Indonesia yang kian hari kian bertambah jumlahnya,” ucap Wamenag.

UPQ juga didorong agar menjadi destinasi wisata reliji, pusat penerbitan dan percetakan buku-buku keislaman yang moderat dan pusat edukasi ilmu-ilmu Al-Qur’an.

Pada puncak UPQ Fest 2021 ini, UPQ memberikan penghargaan Lifetime Achievement bagi sejumlah tokoh yang telah berjasa dalam memelihara dan mengembangkan kajian Al-Qur’an di Indonesia.

Yaitu kepada Alm Prof KH Syaifuddin Zuhri (mantan Menteri Agama), Prof Quraisy Shihab (pakar Tafsir), KH Ahsin Sakho (pakar Qira’at Sab’ah), dan Isep Misbah (penulis/khattat Mushaf Al-Qur’an Kemenag).

Selain itu, diumumkan juga para pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Populer bertemakan ‘Masa Depan Percetakan Al-Qur’an di Indonesia’, lomba Desain Mushaf Al-Qur’an bercorak Nusantara, dan Lomba Foto Bareng Mushaf Al-Qur’an Terbitan Kemenag.

(maf)



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Capai #Target #Juta #Kemenag #Revitalisasi #Unit #Percetakan #AlQuran

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved