Buka Puasa ala Sayyidah Aisyah – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Buka Puasa ala Sayyidah Aisyah

Published

on

[ad_1]


loading…

Bulan Ramadhan adalah bulan kegembiraan, tak heran ketika menjalankan ibadah puasa akan selalu ada menu-menu istimewa baik saat berbuka maupun dalam sahurnya. Hampir semua keluarga, selalu menyajikan makanan teristimewa bagi anggota keluarga yang tengah menjalankan ibadah puasa. Hanya saja, ada kecenderungan menjadi hal yang berlebih-lebihan. Nah, ada kisah hikmah dan menarik dari Ummul Mukminin Aisyah Radhiyallahu’anha tentang hal tersebut yang mengandung banyak hikmah ketika kita menjalankan ibadah puasa. Sebagai keluarga muslim, tentu kita wajib mencontoh dari keluarga Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Baca juga: Diskusi Sayyidah Aisyah dengan Wanita Yahudi Tentang Azab Kubur

Aisyah radiyallahu’anha adalah sosok yang gemar bersedekah. Dikisahkan, pada suatu ketika ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mendapat sedekah uang sebesar 100,000 (seratus ribu) dirham. Beliau yang saat itu sedang berpuasa membagi-bagikan uang itu tanpa sisa, padahal di rumah beliau tidak punya apa-apa. Saat sore tiba, Sayyidah Aisyah memanggil pembantunya agar menyiapkan buka puasa. Dalam waktu yang tidak lama si pembantu datang dengan membawa sepotong roti dan minyak.

Kemudian pembantu tersebut mengatakan, “Sesungguhnya jenengan bisa seandainya berkenan menyisakan barang satu dirham dari uang yang tadi dibagikan untuk membeli daging buat buka puasa!”

Sayyidah ‘Aisyah mengatakan, “Oh iya. Seandainya kamu tadi mengingatkan aku, tentu aku melakukan hal itu.”

Hikmah Kisah

Kedermawanan dan kemurahan hati Aisyah dalam kisah di atas adalah ciri khas dan karakter akhlak yang terpuji serta permata yang sangat mahal dalam dirinya, yang patut menjadi contoh para muslimah.

Dikutip dari buku ‘Ummul Mukminin Aisyah Radhiyallahu’anha, Potret Wanita Mulia Sepanjang Zaman’ karya Sayyid Sulaiman An- Nadwi, dijelaskan bahwa sifat-sifat dan kemuliaan akhlaknya benar-benar mewarisi sifat ayahnya, Abu Bakr Ash-Shiddiq.

Abdullah bin Zubair berkata “ Aku tidak pernah melihat dua wanita yang lebih dermawan melebihi Aisyah dan Asma binti Abu Bakr Ash-Shiddiq. Aisyah dia mengumpulkan sesuatu dengan sesuatu, ketika sudah terkumpul banyak, dia membagi-bagikannya, adapun Asma, maka sedikitpun dia tidak menyimpan untuk besok.” ( HR. Bukhari).

Pada suatu ketika ada orang miskin menemuinya dan meminta diberi makan, saat itu di hadapan Aisyah terdapat anggur. Lalu dia berkata kepada seseorang, “Ambillah biji gandum dan berikan kepadanya,”. Namun si miskin tersebut terus-menerus memandangi gandum tersebut”.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Buka #Puasa #ala #Sayyidah #Aisyah

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved