Manfaat dan Keutamaan Bershalawat yang Perlu Diketahui – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

Manfaat dan Keutamaan Bershalawat yang Perlu Diketahui

Published

on

Manfaat dan Keutamaan Bershalawat yang Perlu Diketahui



loading…

Sebagai umat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, kita dianjurkan untuk selalu membaca shalawat. Banyak manfaat dan keutamaan, bila konsisten mengamalkan bacaan shalawat nabi ini. Allah Subhanahu wa ta’ala pun sangat menyukai hamba-Nya yang bershalawat kepada Nabiyullah wa Rasulillah Muhammad Shallawallahi ‘alaihi wa sallam. Bahkan, bershalawat kepada Rasulullah juga merupakan salah yang diperintahkan Allah kepada orang-orang beriman.

Baca juga: 10 Ciri Pengamal Sholawat, di Antaranya Wajahnya Berseri-seri dan Tawadhu

Sebagaimana yang telah ditegaskan oleh Allah Ta’ala di dalam firman-Nya surat Al-Ahzab ayat 56 :

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. (QS Al-Ahzab : 56)

Fadhilah kita bershalawat bukan hanya pahala dan keberkahan saja, tetapi kita akan mendapatkan keutamaan berkali-kali lipat dari itu. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat dan keutamaan membaca shalawat ini:

Baca juga: Pentingnya Menjaga Amal Agar Bisa Masuk Surga Tanpa Hisab

1. Shalawat merupakan salah satu sebab terkabulnya doa

Terdapat sebuah atsar yang menyebutkan, “Doa seorang hamba tertahan di antara langit dan bumi, tidak terangkat ke langit sampai engkau bershalawat untuk Nabi Shallallahu ’alaihi wa sallam.”

Setiap umat muslim yang mengawali dan mengakhiri doanya dengan shawalat dan taslim yang ditujukan kepada Rasulullah, maka doa tersebut akan sangat mustajab dikarenakan banyaknya keberkahan dari shalawat yang dibacanya.



Berita Selengkapnya

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved