4 Sunnah Rasul Sebelum Tidur, Nomor 1 Sering Diremehkan - Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

4 Sunnah Rasul Sebelum Tidur, Nomor 1 Sering Diremehkan

Published

on



loading…

Tak ada manusia yang hidupnya paling berkah dan paling produktif kecuali Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Berikut ini 4 Sunnah Rasul sebelum tidur yang patut kita contoh.

Urusan tidur bukanlah hal sepele karena di dalamnya ada keberkahan jika kita meniru sunnah yang diajarkan Baginda Rasul. Berikut 4 Sunnah Rasul sebelum tidur:

1. Tidur pada Awal Malam
Salah satu Sunnah Rasul adalah tidur di awal malam. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam biasa tidur setelah sholat Isya dan dianggap sebagai waktu yang tepat untuk mengistirahatkan badan agar bisa bangun tengah malam. Dari Sayyidah Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Beliau tidur pada awal malam dan bangun pada akhir malam kemudian melaksanakan sholat.” (HR Al-Bukhari, Muslim)

Al-Qur’an juga membahas soal tidur dan memerintahkan umat muslim untuk bangun malam (sholat malam). Orang yang tidur di awal malam akan mendapatkan keberkahan hidup, namun sayang sebagian kaum muslim mengabaikannya.Bahkan ada yang mengisi malamnya untuk nongkrong di kedai dan kafe untuk ngobrol-ngobrol. Sebuah riwayat dari Abu Barzah menyebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak suka tidur sebelum sholat Isya dan tidak berbincang-bincang setelahnya. (HR Al-Bukhari, Muslim)

2. Tidur Beralaskan Tikar
Abdullah ibn Mas’ud berkata, ” Rasulullah SAW biasa tidur di atas tikar (dengen pelepah kurma), dan ketika beliau bangun, tampak bekas guratan tikar pada bahunya. Maka kami berkata, ‘Wahai Rasulullah, kami ingin membuatkan kasur untukmu.’ Kata beliau, ‘Apalah artinya dunia ini bagiku? Aku di dunia ini hanyalah laksana seorang pengembara yang berteduh di bawah pohon, beristirahat dan kemudian meninggalkannya.” (HR At-Tirmidzi)

Cara tidur sederhana ini merupakan wujud rasa qana’ah dan syukur Baginda Nabi. Beliau tidak ingin berlebih-lebihan apalagi meniru cara tidur para Kisra dan raja-raja pembesar lainnya yang tidur di atas kasur empuk.

3. Berwudhu dan Berbaring Menghadap Sisi Kanan
Salah satu sunnah yang dicontohkan Rasul sebelum tidur yaitu berwudhu sebelum tidur. Kemudian berbaring menghadap posisi kanan. Hal ini diterangkan dalam Hadis berikut. “Jika engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, hendaklah engkau berwudhu seperti wudhu untuk sholat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu,” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Dari Hudzaifah ibn Al-Yaman berkata, “Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur pada malam hari, beliau meletakkan tangannya di bawah pipinya.” (HR Al-Bukhari)

4. Berdoa dan Meniupkannya ke Tangan
Sebelum tidur, Rasulullah biasa membaca doa dan meniupkannya ke kedua tangan lalu mengusapkan ke seluruh badan. Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Apabila Rasulullah hendak tidur, beliau meniup kedua tangannya dan membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas, lalu beliau mengusap badannya dengan kedua tangannya.” (HR Al-Bukhari)

Doa Nabi Sebelum Tidur



Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Sunnah #Rasul #Sebelum #Tidur #Nomor #Sering #Diremehkan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved