3 Kali Malaikat Peringatkan Raja Kisra Agar Berpasrah Diri Kepada Allah SWT - Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

3 Kali Malaikat Peringatkan Raja Kisra Agar Berpasrah Diri Kepada Allah SWT

Published

on



loading…

Raja Kisra dari Persia sempat mendapat peringatan malaikat sebelum ajalnya tiba dan kekuasaannya tumbang. Raja yang sempat mengusir utusan Nabi Muhammad SAW , Abdullah as-Sahmi, dan menyobek-nyobek surat seruan Nabi untuk memeluk agama Islam ini bahkan mengusir malaikat tersebut. “Pergi … pergi… pergi..” serunya.

Baca juga: Raja Kisra Berakhir Tragis karena Hina Nabi, Bandingkan dengan Raja Heraclius yang Hormat

Al-Tabari dalam bukunya berjudul Tarikh al-Rusul wa al-Mulukmemaparkan dua versi dalam kisat tersebut. Kisah pertamaberdasar penuturanKhalid al-Hadhdha yang meriwayatkan, bahwa dia mendengar Abdurrahman bin Abu Bakrah berkata:

Kisra, putra Hurmuz, sedang tidur pada suatu malam di istananya (aywan), istana al-Madain, dan pasukan kavaleri (yang bertugas menjaga) ditempatkan di sekitar kastilnya.

Tiba-tiba, muncullah seseorang dengan tongkat yang berjalan dan berdiri di depan Kisra dan berkata, “Wahai Kisra, putra Hurmuz, aku adalah utusan Tuhan untukmu (yang membawa pesan) bahwa engkau harus berpasrah diri (kepada-Nya).”

Dia mengatakan ini tiga kali, sementara Kisra berbaring tidak berdaya, menatapnya tetapi tidak menjawab. Kemudian malaikat itu meninggalkannya.

Kisra memanggil komandan pengawal dan berkata kepadanya, “Apakah engkau mengizinkan orang tadi untuk datang ke hadapanku?”

Komandan pengawal menjawab, “Tidak, aku tidak melakukannya, dan tidak ada seorang pun yang datang dari arah kami.”

Ketika tahun berikutnya, Kisra takut malam itu (yang seperti tahun lalu) dan memberi perintah kepada komandan pengawal, “Tempatkan pengawal di sekitar kastilku dan jangan biarkan siapa pun datang ke hadapanku.”

Komandan pengawal melakukan itu. Tetapi pada saat jam yang sama, lihatlah, ada malaikat dengan tongkat berdiri di dekat kepalanya dan berkata kepadanya, “Wahai Kisra, putra Hurmuz, aku adalah utusan Tuhan untukmu (yang membawa pesan) bahwa engkau harus berpasrah diri (kepada-Nya), lakukanlah, dan itu akan menjadi yang terbaik untukmu!”

Kisra menatapnya tanpa memberikan jawaban apapun. Kemudian malaikat itu meninggalkannya.

Kisra memanggil komandan pengawal (dan menegurnya), “Bukankah aku memerintahkanmu untuk tidak membiarkan siapa pun datang ke hadapanku?”

Baca juga: Kisah Kecerdasan Ahnaf bin Qais dalam Pembebasan Persia

Komandan pengawal menjawab, “Wahai Raja, demi Tuhan, tidak ada yang datang ke hadapanmu dari arah kami. Beri tahu dari mana dia datang ke hadapanmu?”

Ketika tahun berikutnya tiba, dia begitu ketakutan pada malam itu, dan dia memberi perintah kepada komandan pengawal dan para pengawal itu langsung, “Berjagalah di sekitarku sepanjang malam ini, dan jangan biarkan ada (seorang pun, baik itu) wanita atau pria untuk datang ke hadapanku.”

Mereka melakukannya. Pada jam yang sama, lihatlah, ada malaikat lagi berdiri di dekat kepalanya dan berkata, “Kisra, putra Hurmuz, aku adalah utusan Tuhan untukmu (yang membawa pesan) bahwa engkau harus berpasrah diri (kepada-Nya), lakukanlah, dan itu akan menjadi yang terbaik untukmu!”

Dia mengulanginya tiga kali, sementara Kisra menatapnya tetapi tidak menjawab. Malaikat itu berkata, “Wahai Kisra, engkau telah mengabaikanku! Demi Tuhan, Tuhan pasti akan menghancurkanmu sama seperti aku menghancurkan tongkatku ini!” Kemudian dia menghancurkannya, dan pergi.

Kisra memanggil pengawalnya dan berkata, “Bukankah aku memerintahkanmu untuk tidak membiarkan siapa pun datang ke hadapanku malam ini, baik istri (ahl) maupun anak?”

Mereka menjawab, “Tidak ada yang datang ke hadapanmu dari arah kami.”

Segera setelah itu, putranya bangkit memberontak melawan dia dan membunuhnya.



Berita Selengkapnya

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved