10 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Ramadhan, Nomor Terakhir Terjadi di Indonesia – Bagyanews.com
Connect with us

Kalam

10 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Ramadhan, Nomor Terakhir Terjadi di Indonesia

Published

on

[ad_1]


loading…

Umat islam di seluruh dunia dalam waktu beberapa hari ke depan tenga menanti bulan suci Ramadhan . Bulan yang sangat mulia dan sangat dinanti-nantikan oleh kaum muslim. Bulan Ramadhan sendiri, dikenal dengan bulan yang penuh dengan keutamaan. Salah satunya, dibuktikan dengan banyak peristiwa penting yang turun pada bulan ini. Sehingga bulan Ramadhan disebut dengan bulan yang penuh dengan kemuliaan.Ada sejumlah peristiwa sejarah yang penting bagi umat Islam, terjadi di bulan Ramadhan. Begitu juga dengan sejarah Indonesia. Apa sajakah peristiwa-peristiwa tersebut? Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 10 peristiwa penting yang terjadi di bulan suci Ramadhan ini.

Baca juga: 8 Peristiwa Bulan Rajab yang Sangat Bersejarah Bagi Umat Islam

1. Bulan Diturunkan Al-Qur’an

Beberapa hari yang ditentukan itu adalah bulan ramadhan. Bulan yang diturunkan di dalamnya (permulaan) Al- Qur’an sebagai petunjuk untuk manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pemisah antara yang benar dan salah.

Allah Ta’ala berfirman:

شَهۡرُ رَمَضَانَ الَّذِىۡٓ اُنۡزِلَ فِيۡهِ الۡقُرۡاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الۡهُدٰى وَالۡفُرۡقَانِۚ فَمَنۡ شَهِدَ مِنۡكُمُ الشَّهۡرَ فَلۡيَـصُمۡهُ ؕ وَمَنۡ کَانَ مَرِيۡضًا اَوۡ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنۡ اَيَّامٍ اُخَرَؕ يُرِيۡدُ اللّٰهُ بِکُمُ الۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيۡدُ بِکُمُ الۡعُسۡرَ وَلِتُکۡمِلُوا الۡعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمۡ وَلَعَلَّکُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ

“…….(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)…” (QS. Al Baqarah: 185)

Para pakar tafsir dan hadis mencatat, Allah juga menurunkan kitab-kitab dan suhuf yaitu kitab-kitab kecil selain Zabur, Taurat, Injil dan Al-Qur’an kepada para rasul sebelumnya pada bulan Ramadhan.

Ibnu Katsir Rahmatullah, berkata mengenai ayat ini dalam Tafsir Al-Quran Al-‘Azhim (I/460-461 –Darul Hadits), “Allah menyanjung bulan Ramadan dibanding bulan-bulan lain dengan dipilihnya sebagai waktu diturunkannya Al-Quran Al-‘Azhim. Karena itu, Allah mengistimewakannya. Hal ini juga memperjelas surah al-Qadr ayat 1yang berbunyi, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. “ Sedang malam kemuliaan yang dimaksud merupakan malam Lailatul Qadr yang jatuh pada bulan Ramadan.

[ad_2]

Sumber Berita kalam.sindonews.com

#Peristiwa #Penting #yang #Terjadi #Bulan #Ramadhan #Nomor #Terakhir #Terjadi #Indonesia

Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2021 BagyaNews.com. . All Rights Reserved